Journey of Wonderful Woman

Resolusi Keuangan Tahun 2019 Untuk Millennials




Resolusi tahun 2019 untuk millenials

Hai readers,
Sudah punya rencana untuk tahun baru nanti? Bukan acara tahun barunya, tapi apakah kamu kaum millenials sudah punya planning di tahun baru?

Alangkah lebih baik, jika semua yang akan dilakukan ditarget dan di urutkan, ini akan membantu kita untuk tetap berjalan di relnya dan memantau kebeerhasilannya.
Tidak jarang orang yang melakukan apapun tanpa target, biasanya tidak memperoleh hasil yang maksimal. Atau mereka hanya berjalan gitu-gitu aja.
Apalagi terkait dengan masalah keuangan, tahun ini bisa dijadikan sebagai dasar untuk tahun depan.
Jika readers ingin keuangannya lancar sesuai budget,  berikut tips untuk mengatur keuangan kaum millennials :

1. Tetapkan Target keuangan 

Buat readers yang masih sendiri atau single nggak ada salahnya     
memiliki target keuangan. Apalagi jika readers mempunyai rencana    yang memerlukan bugdet besar di tahun tersebut. misalnya readers punyai rencana mengakhiri masa lajang,bisa dibayangkan berapa budget yang diperlukan.
Sementara untuk millennials yang sudah berkeluarga, urutkan keperluanmu di tahun ini, misalnya ingin punya rumah, beli kendaraan, atau menambah investasi.

2. Berikan prioritas untuk setiap kebutuhan

Siapapun pasti memiliki banyak kebutuhan, karena sifat manusia yang tidak terbatas. Tetapi karena keterbatasan kemampuan, maka sebaiknya urutkan kebutuhanmu mulai dari yang paling penting sampai kebutuhan yang bisa ditunda.
Meskipun penghasilanmu besar, tetapi mengurutkan kebutuhan akan memabntu mengatur bahkan memberikan sisa lebih dari penghasilan.

3. Hindari menambah Hutang

Jaman  sekarang, semua bank menawarkan pinjaman. Baik itu yang memerlukan jaminan ataupun tidak. Hati- hati jangan mudah tergoda, ada baiknya sebelum mengambil pinjaman, dipikirkan dulu keperluannya. Apakah memang harus mengambil tawaran itu atau tidak. Jangan terburu- buru pikirkan secara matang keuntungan dan kelebihannya. Jangan asal bilang "IYA".

4. Berhemat

Penyakitnya manusia adalah mudah tergiur,entah itu karena tawaran menarik, diskon atau bahkan gengsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika penghasilan seseoarng naik atau bertambah, yang berubah adalah gaya hidup. Banyak dari kita yang tidak menahan nafsu, baik untuk berbelanja ataupun konsumsi. Makanya kenapa mall sangat padat jika masanya gajian, akhir bulan atau awal bulan. Orang berbondong- bondong membeli sesuatu yang kadang tidak perlu. Tapi yaaa itulah sifat manusia. Di tahun 2019 ini alangkah baiknya jika kita mulai berhemat, mulai batasi kemamuan, mengatur pengeluaran dan menjaga uang supaya tidak cepat ludes.


5. Menambah investasi

Sebagian orang masih belum memikirkan yang namanya investasi. Penghasilan yang diterima semua  dialokasikan untuk konsumsi. Padahal jika kita bawa uang p. 100.000,- dan masuk mini market, apa yang kita peroleh?? hanya sekantong yang isinya mungkin mie instant, dan kebutuhan yang cepat habis.
Nahhhh, di tahun baru ini yuk kita mulai beriventasi, bentuknya bisa macam-macam. Misalnya, asuransi, logam mulia, tabungan rencana atau celenganpun nggak jadi soal. Sebesar apapun yang di investasikan pasti ada manfaatnya.
Jika readers serius, investasi ini bisa direncanakan, untuk keperluan apa, perlu dananya berapa jadi harus menyisihkan berapa. Semua bisa diatur.

Begitu readers.... apapun yang readers mau jika direncanakan dari awal, pasti hasilnya memuaskan. Begitu juga dengan keuanganmu. 
Semoga bermanfaat.






1 comment: